Peralatan atau Komponen dan Spesifikasi pada PC (Menginstal PC Bagian 1)

Uraian Materi Pertama :
Peralatan/Komponen pada PC meliputi unit input, unit proses, dan unit output. Supaya komputer dapat digunakan untuk mengolah data, maka harus berbentuk suatu sistem yang disebut dengan sistem komputer. Secara umum, sistem terdiri dari elemen-elemen yang saling berhubungan membentuk satu kesatuan untuk melaksanakan suatu tujuan pokok dari sistem tersebut.
Tujuan pokok dari sistem komputer adalah mengolah data untuk menghasilkan informasi sehingga perlu didukung oleh elemen-elemen yang terdiri dari perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), dan brainware. Perangkat keras adalah peralatan komputer itu sendiri, perangkat lunak adalah program yang berisi perintah-perintah untuk melakukan proses tertentu, dan brainware adalah manusia yang terlibat di dalam mengoperasikan serta mengatur sistem komputer.
Gambar 1. Struktur Komputer
Ketiga elemen sistem komputer tersebut harus saling berhubungan dan membentuk satu kesatuan. Perangkat keras tanpa perangkat lunak tidak akan berarti apa-apa, hanya berupa benda mati. Kedua perangkat keras dan lunak juga tidak dapat berfungsi jika tidak ada manusia yang mengoperasikannya.
1) Struktur dan Fungsi Komputer
Struktur komputer didefinisikan sebagai cara-cara dari tiap komponen saling terkait. Struktur sebuah komputer secara sederhana, dapat digambarkan dalam diagram blok pada Gambar a. Sedangkan fungsi komputer didefinisikan sebagai operasi masing-masing komponen sebagai bagian dari struktur. Adapun fungsi dari masing-masing komponen dalam struktur tersebut adalah sebagai berikut:
12

a) Input Device (Alat Masukan)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi sebagai alat untuk memasukan data atau perintah ke dalam komputer. Input device adalah alat yang digunakan untuk menerima input dari luar sistem, dan dapat berupa signal input atau maintenance input. Di dalam sistem komputer, signal input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan demikian, alat input selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan program.
Beberapa alat input mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai terminal. Terminal dapat dihubungkan ke sistem komputer dengan menggunakan kabel langsung atau lewat alat komunikasi.
Terminal dapat digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart terminal, dan intelligent terminal. Non intelligent terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan input dan penampil output, dan tidak bisa diprogram karena tidak mempunyai alat pemroses. Peralatan seperti ini juga disebut sebagai dumb terminal. Smart terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali. Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak dapat diprogram oleh pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Sedangkan intelligent terminal dapat diprogram oleh pemakai.
Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alat input dapat digolongkan menjadi alat input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan langsung diproses oleh alat pemroses,
13

sedangkan alat input tidak langsung melalui media tertentu sebelum suatu input diproses oleh alat pemroses.
Alat input langsung dapat berupa papan ketik (keyboard), pointing device (misalnya mouse, touch screen, light pen, digitizer graphics tablet), scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau optical character recognition reader), sensor (misalnya digitizing camera), voice recognizer (misalnya microphone). Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan melalui media punched card (kartu plong), key-to-tape yang merekam data ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, dan key-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket atau harddisk) sebelum diproses lebih lanjut.
(1) Keyboard

Gambar 2. Keyboard AT
14
Merupakan alat input standart yang diperlukan dalam setiap PC. Komponen ini tidak mengalami perkembangan yang pesat. Hanya dalam konektor dalam PC nya saja yang mengalami perkembangan. Dimulai dengan keyboard XT, keyboard PS2, keyboard USB dan yang baru berkembang sekarang ini adalah keyboard wireless.

Gambar 3. Keyboard PS/2

Gambar 4. Keyboard Wireless
(2) Mouse
Mouse  merupakan  komponen  input  yang  sanagt  diperlukan  jika
menggunakan     sistem     operasi    grafis.     Mouse     lebih     banyak
eprkembangannya dari pada keyboard.
Muali dari mouse serial, mouse PS/2, mouse scroll, dan saat   mouse
optik.

Gambar 5. Mouse Serial
15

Gambar 6. Mouse PS/2
Gambar 7. Mouse Optik    Gambar 8. Mouse Ball
b) Output Device (Alat Keluaran)
Adalah perangkat keras komputer yang berfungsi untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupa hard-copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus), image (dalam bentuk grafik atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin (machine-readable form). Tiga golongan pertama adalah output yang dapat digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer. Peralatan output dapat berupa:
16

*p°  Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image pada media keras seperti kertas atau film. Contoh hard-copy devicce:

Gambar 8. Printer
*p°  Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
Gambar 9. Proyektor    Gambar 10. Monitor
*p°  Drive   device  atau   driver,   yaitu   alat  yang   digunakan   untuk
merekam simbol dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh
mesin pada media seperti magnetic disk atau magnetic tape. Alat
ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat
17

Gambar11l. Hard Disk    Gambar 12. CD-RW
input. Sekarang media penyimpan yang berkembang adalah disk drive, hard disk, CD-ROM/CD-RW.

Gambar 13. Disk Drive
c)    I/O Ports
Bagian ini digunakan untuk menerima ataupun mengirim data ke luar sistem. I/O Port juga biasa disebut dengan bagian interface (antar muka) karena peralatan input dan output di atas terhubung melalui port ini.
d)    CPU (Central Processing Unit)
CPU merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, dan CU (Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
18

Gambar 14. Prosesor
CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program, yang pada komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Pemroses ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Dalam dunia dagang, pemroses ini diberi nama sesuai dengan keinginan pembuatnya dan umumnya ditambah dengan nomor seri, misalnya dikenal pemroses Intel 80486 DX2-400 (buatan Intel dengan seri 80486 DX2-400 yang dikenal dengan komputer 486 DX2), Intel Pentium 100 (dikenal dengan komputer Pentium I), Intel Pentium II-350, Intel Pentium III-450, Intel Celeron 333, AMD K-II, dan sebagainya. Masing-masing produk ini mempunyai kelebihan dan kekurangan masing-masing.
e) Memori
(1) Random Access Memory (RAM)
Semua data dan program yang dimasukkan melalui alat input akan disimpan terlebih dahulu di memori utama, khususnya RAM, yang dapat diakses secara acak (dapat diisi/ditulis, diambil, atau dihapus isinya) oleh pemrogram. Struktur RAM terbagi menjadi empat bagian utama, yaitu:
*p°  Input   storage,    digunakan    untuk    menampung    input   yang dimasukkan melalui alat input.
19

*p°  Program storage, digunakan untuk menyimpan semua instruksi-
instruksi program yang akan diakses. *p°  Working storage, digunakan untuk menyimpan data yang akan
diolah dan hasil pengolahan. *p°  Output storage, digunakan untuk menampung hasil akhir dari
pengolahan data yang akan ditampilkan ke alat output.
Input yang dimasukkan melalui alat input akan ditampung terlebih dahulu di input storage. Bila input tersebut berupa program maka akan dipindahkan ke program storage, dan bila berbentuk data maka akan dipindahkan ke working storage. Hasil dari pengolahan juga ditampung terlebih dahulu di working storage dan bila akan ditampilkan ke alat output maka hasil tersebut dipindahkan ke output storage.

Gambar 15. Random Access Memory
(2) Read Only Memory (ROM)
Dari namanya, ROM hanya dapat dibaca sehingga pemrogram tidak bisa mengisi sesuatu ke dalam ROM. ROM sudah diisi oleh pabrik pembuatnya berupa sistem operasi yang terdiri dari program-program pokok yang diperlukan oleh sistem komputer, seperti misalnya program untuk mengatur penampilan karakter di layar, pengisian tombol kunci papan ketik untuk keperluan kontrol tertentu, dan bootstrap program. Program bootstrap diperlukan pada saat pertama
20

kali sistem komputer diaktifkan. Proses mengaktifkan komputer pertama kali ini disebut dengan booting, yang dapat berupa cold booting atau warm booting.
Cold booting merupakan proses mengaktifkan sistem komputer pertama kali untuk mengambil program bootstrap dari keadaan listrik komputer mati (off) menjadi hidup (on). Sedangkan warm booting merupakan proses pengulangan pengambilan program bootstrap pada saat komputer masih hidup dengan cara menekan tiga tombol tombol pada papan ketik sekaligus, yaitu Ctrl, Alt, dan Del. Proses ini biasanya dilakukan bila sistem komputer macet, daripada harus mematikan aliran listrik komputer dan menghidupkannya kembali.
Instruksi-instruksi yang tersimpan di ROM disebut dengan microinstruction atau firmware karena hardware dan software dijadikan satu oleh pabrik pembuatnya. Isi dari ROM ini tidak boleh hilang atau rusak karena bila terjadi demikian, maka sistem komputer tidak akan bisa berfungsi. Oleh karena itu, untuk mencegahnya maka pabrik pembuatnya merancang ROM sedemikian rupa sehingga hanya bisa dibaca, tidak dapat diubah-ubah isinya oleh orang lain. Selain itu, ROM bersifat non volatile supaya isinya tidak hilang bila listrik komputer dimatikan.
Pada kasus yang lain memungkinkan untuk merubah isi ROM, yaitu dengan cara memprogram kembali instruksi-instruksi yang ada di dalamnya. ROM jenis ini berbentuk chip yang ditempatkan pada rumahnya yang mempunyai jendela di atasnya. ROM yang dapat diprogram kembali adalah PROM (Programmable Read Only Memory), yang hanya dapat diprogram satu kali dan selanjutnya tidak dapat diubah kembali. Jenis lain adalah EPROM (Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus dengan sinar ultraviolet serta
21

dapat diprogram kembali berulang-ulang. Disamping itu, ada juga EEPROM (Electrically Erasable Programmable Read Only Memory) yang dapat dihapus secara elektronik dan dapat diprogram kembali.

c. Rangkuman 1
1) Komputer PC terdiri dari tiga bagian utama, yaitu bagian input, proses, dan output. Setiap bagian terdiri dari beberapa komponen yang saling mendukung.
2) Setiap komponen pada PC mempunyai spesifikasi tertentu dan kegunaan/fungsi khusus.

d. Tugas 1
1) Amati sebuah PC, sebutkan mana yang termasuk unit input, unit proses, dan unit output.
2) Bukalah casing suatu PC, sebutkan catat dan sebutkan nama-nama komponen yang ada didalamnya.

e. Tes Formatif 1
1) Gambarkan struktur/diagram blok dari komputer dan jelaskan fungsi masing-masing bagian !
2) Sebutkanlah komponen-komponen pada PC yang termasuk unit input !
3) Berilah satu contoh spesifikasi dari prosesor/mikroprosesor

About these ads

Perihal muhkasmadi
Nama : Drs. Muhammad Kasmadi, S.Kom, MM Jenis Kelamin : Laki-laki Umur : 46 tahun Tempat, Tanggal Lahir : Sragen, 12 Juli 1962 Alamat Rumah : Ngemplak Baru RT.04/1, Gentan, Baki, Sukoharjo, Surakarta, Jawa Tengah E-mail : muhkasmadi@yahoo.com Webiste : http://jardiknasjateng.org blog : http://jardiknasjateng.org/blog Telepon Rumah : 0271-7650912 No. HP : 08156544443 Institusi : SMK Negeri 2 Surakarta Alamat Institusi : Jl. LU. Adisucipto No. 33 Surakarta Telepon : 0271-714901 Fax : 0271-727003 Pendidikan Formal: 1. MIN Lulus pada : 30 Desember 1976 2. MTSN Tanon Sragen Lulus pada : 12 Mei 1980 3. SMP Al Islam Suwatu Sragen Lulus pada : 24 Mei 1980 4. MAN Surakarta Lulus pada : 30 April 1983 5. UNS Fakultas FKIP, Program Studi Pendidikan Matematika Lulus pada : 06 Maret 1989 6. Lulus STMIK Tasikmalaya, Jurusan Teknik Informatika, Program Studi Teknik Informatika lulus pada : 17 Desember 2005 7. masih belajar pada Program Pascasarjana (S2) Program Magister Manajemendi Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi "AUB" Surakarta sejak tahun 2007 Pendidikan Non Formal 24 Juli - 24 Oktober 1990 : Pendidikan dan Pelatihan Guru Matematika di SPKG Matematika Sukoharjo 17 Desember - 13 Maret 1991 : Pendidikan dan Pelatihan Guru Matematika di SPKG Matematika Sukoharjo 6 Juni 1991, selama 3 bulan mengikuti kursur Komputer Program Wordstar di Yayasan Pendidikan Batik Surakarta 12 Maret 1991, selama 3 bulan mengikuti kursur Komputer Program Lotus 123 di Yayasan Pendidikan Batik Surakarta 3 Maret 1992, selama 3 bulan mengikuti kursur Komputer Program dBase III Plus di Yayasan Pendidikan Batik Surakarta 28 Mei - 30 Mei 2002 : Orientasi Cisco Networking Academy Program di VEDC Malang 6 - 18 December 2003 : Computer Software Application For Managing VTET Insitutions di SEAMEO VOCTECH Regional Centre Brunei Darussalam 29 April 2003 : Workshop VoIP Merdeka dan Training Wireless LAN APJII di Surakarta 2 Juli 2004 : Certificate of Course Completion IT Essentials I : PC Hardwae and Software di VEDC Malang 2 May 2005 : Certificate of Course Completion IT Essentials II : Network Operating Systems di VEDC Malang 29 April 2005 : Asesor KKPI (Keterampilan Komputer & Pengelolaan Informasi) dari VEDC Malang Desember 2006 : Certificate International Workshop on the Vocational Secondary Education as The Bridge Toward " The World's Competitive Job Opportunities" 10 - 11 January 2007 : Certificate Awareness ISO 9001:2000 and Quality Documentation 8 - 10 June 2007 : Certificate "Achievement Motivation" dari Bandung Consulting & Training 29 Oktober - 1 November 2007 : Pelatihan Virtual Library SMK Berbasis Web dari PSMK Pengalaman : 1989 - 2003 : Guru Matematika 2003 - sekarang : Guru Komputer 2003 - sekarang : Kepala Program Keahlian Teknik Komputer & Jaringan 2003 – 2004 : Ketua WAN (Wide Area Network) Kota Surakarta 2000 - 2003 : Ketua JIS Kota (Jaringan Informasi Sekolah) Surakarta 2003 - sekarang : Ketua Umum JIS Provinsi Jawa Tengah 2004 - 2006 : Kordinator Schoolmaping Provinsi Jawa Tengah 2005 - 2007 : Kordinator ICT Center, TV-Edukasi dan Mapping Pendidikan Provinsi Jawa Tengah 2007 - sekarang : Ketua Umum Kordinator ICT Center Provinsi Jawa Tengah Juni - Nopember 2007 : Konsultan ICT Dinas Pendidikan & Kebudayaan Provinsi Jawa Tengah 15 Januari - Maret 2008 : Pendamping Perencanaan Pendidikan Provinsi Jawa Tengah; berdasarkan Keputusan Kepala Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri Depdiknas No. 2861/A2.3/PR/2008 Juni 2008 - sekarang : Direktur CV. Rekamedia Group Juni 2008 - sekarang : Manajer Proyek Yayasan Daya Wangsa Wonogiri dibidang IT Training dan Software Development.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: